Manfaat Shalat Tahajjud Terbukti Secara Ilmiah... tolong di sebarkan ya.

Sholat Tahajud merupakan salah satu Sholat sunnah yang bisa dikerjakan selepas tidur pada malam hari. Untuk waktu pelaksanaan Sholat Tahajud yang afdhal adalah sepertiga malam yang terakhir. Selain memberikan tambahan sebagai tabungan di akherat, Sholat Tahajud juga mempunyai fakta menarik bagi kesehatan manusia. Berikut adalah 6 manfaatnya bagi kesehatan:


1. Menjaga Daya Tahan Tubuh
Sholat Tahajud merupakan salah satu kebiasaan umat Muslim sejak zaman dahulu. Nabi Muhammad SAW sendiri tidak pernah meninggalkan Sholat Tahajud. Beliau pernah bersabda yang isinya mengajak semua umat Muslim untuk tetap melaksanakan Sholat Tahajud dan tidak meninggalkannya, karena selain membuat kita lebih dekat dengan Sang Pencipta, Sholat Tahajud juga bisa menghindarkan tubuh dari berbagai macam penyakit.

baca juga ; hikmah di balik musibah

2. Menjadikan Penampilan Lebih Menarik
Manfaat Sholat Tahajud yang selanjutnya adalah menjaga penampilan lebih menarik. Seperti Hadits yang disabdakan oleh Nabi Muhammad SAW yang isinya, jika seorang yang melaksanakan Sholat Tahajud pada malam hari, maka pada siang harinya Allah SWT akan menjadikan wajahnya tampan/ cantik secara lahir dan batin.

3. Terhindar dari Penyakit Infeksi Saluran Pernafasan
Menurut salah satu pakar kesehatan Universitas Indonesia, Sholat Tahajud dapat bermanfaat untuk mendukung gaya hidup sehat. Terutamanya penangkalan terhadap penyakit ISPA yang disebabkan oleh gaya hidup kurang sehat.

4. Mencegah Penyakit Pinggang Setelah Bangun Tidur
Jika dilihat dari gerakannya saja maka Sholat sendiri mempunyai banyak manfaat medis. Terlebih lagi jika kita membiasakan diri untuk bangun malam dalam rangka melaksanakan Sholat Tahajud , maka kita akan terhindar dari penyakit pinggang yang banyak menyerang orang-orang yang terlalu banyak tidur.

5. Mengurangi Resiko terkena Penyakit Jantung
Sholat Tahajud juga dapat memberikan ketenangan jiwa yang dimana berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan oleh beberapa ahli, menyebutkan bahwa sistem imun tubuh akan meningkat seiring dengan adanya ketenangan didalam tubuh. Sehingga akan mengurangi resiko terkena penyakit jantung.

6. Dapat Melancarkan Peredaran Darah
Jika dilihat, bangun malam ketika hendak melaksanakan Sholat Tahajud merupakan saat yang tepat ketika tubuh kita mendapatka pasokan oksigen yang baik. Karena pasokan oksigen mulai pukul tiga dini hari sampai waktu subuh akan memberikan efek yang baik bagi kesehatan. Dengan pasokan oksigen tersebut, badan kita akan menjadi lebih segar dan aliran darah akan menjadi lebih lancar. Terlebih lagi mandi pagi setelah tidur juga memberikan dampak baik bagi keshatan tubuh.

Semoga bermanfaat
Load disqus comments

0 komentar