Top 6, Cara Mendapatkan Rambut Indah dan Bebas dari Rontok

Memiliki rambut yang indah dan sehat dan bebas dari kerontokan merupakan dambaan semua orang baik pria maupun wanita, namun hanya sedikit  yang cukup beruntung untuk bisa mengatasi atau merawat kesehatan rambut mereka begitu saja. Ingat bahwa rambut adalah jaringan yang tumbuh begitu cepat dan apa yang Anda makan dapat menentukan perbedaan yang signifikan untuk kesehatan rambut Anda.

bebas rontok


Banyak faktor seperti stres ,  penyakit yang mendasari , predisposisi genetik , dan efek penggunaan produk perawatan rambut dapat mempengaruhi kesehatan  rambut Anda, bahkan dapat menyebabkan kerontokan. Tapi faktor utamanya adalah diet Anda .

Menyehatkan rambut anda dari dalam merupakan hal yang sangat di butuhkan atau penting. Protein, yang merupakan salah satu unsur yang utama untuk pertumbuhan rambut. Protein merupakan nutrisi penting, bersamaan dengan karbohidrat, zat besi, vitamin B, asam amino, belerang dan seng.

Berikut adalah top 6 makanan super untuk mendapatkan rambut sehat dan indah.


1. Salmon

Ada banyak alasan untuk menempatkan ikan salmon di bagian atas daftar. ia kaya akan protein, asam amino, omega-3, zat besi dan vitamin B12 dan D. Semua ini penting untuk mendapatkan rambut sehat. Asam amino, esensial Omega-3 membantu menjaga kulit kepala Anda lentur dan terhidrasi. Kekurangan nutrisi ini bisa menyebabkan rambut kusam dan bahkan rambut rontok.

Sementara itu, tingginya jumlah protein, zat besi dan vitamin D pada salmon meningkatkan kekuatan rambut dan mencegah kerusakan.

Dengan menambahkan salmon ke dalam daftar makanan Anda, Anda bisa menikmati rambut yang mengkilap serta pertumbuhan rambut yang lebih baik. Anda bisa memanggang salmon bakar atau salmon asap tergantung dari pilihan Anda untuk makan.

2. Telur

Untuk pertumbuhan dan tekstur rambut yang lebih baik, Anda perlu banyak mengkonsumsi makanan tinggi protein. Rambut tumbuh dari keratin, yang merupakan sejenis protein. Telur adalah salah satu sumber protein terbaik . Protein yang ada dalam telur merupakan protein berkualitas tinggi dan sangat baik untuk menunjang pertumbuhan dan kekuatan rambut.

Plus, telur mengandung biotin dan vitamin B yang berperan besar dalam mencegah masalah rambut rontok dan meningkatkan kesehatan kulit kepala secara keseluruhan.

Usahakan makan satu butir telur setiap pagi atau setiap hari. Anda bisa maka telur goreng atau telur rebus tergantung selera Anda.

3. Almond

Kacang-kacangan seperti kacang almond, kemiri, kacang mete dan kenari bagus untuk kesehatan rambut Anda. Tapi almond dianggap terbaik untuk mencegah kerontokan rambut dan meningkatkan pertumbuhan rambut

Almond sarat dengan seng yang memainkan peran kunci dalam menjaga sirkulasi kulit kepala yang sehat, yang pada gilirannya menyebabkan rambut mengkilap, sehat, dan melembabkan dengan baik.

Almond juga mengandung  asam amino, omega-3 sangat tinggi yang bermanfaat menambahkan kilau dan volume pada rambut Anda. Menjadikan nya kaya akan vitamin E, kacang almond juga membantu mencegah kerontokan dan meningkatkan pertumbuhan rambut sehat.

Sediakan semangkok kecil kacang almond dan makan kapanpun saat merasa lapar. Anda juga bisa merendam dua atau tiga kacang almond dalam satu setengah gelas air dalam semalam. kupas kulitnya di pagi hari dan memakannya.

rambut indah


4. Brokoli

Brokoli adalah sumber vitamin A dan C yang tinggi, yang membantu menghasilkan sebum. Sebum adalah zat berminyak yang disekresikan oleh folikel rambut dan bekerja seperti conditioner rambut secara alami . Plus, brokoli kaya akan zat besi, potasium, kalsium, magnesium, dan asam amino, omega-3 yang sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan rambut sehat.

Untuk memanfaatkan nutrisi yang ada dalam brokoli, makan kepala brokoli mentah sebagai makanan ringan atau dengan salad tiga atau empat kali seminggu.

5. Quinoa

Jenis gandum ini sangat baik untuk rambut Anda. Sarat dengan protein, quinoa membantu menguatkan untaian rambut. Sebenarnya, protein yang diekstraksi dari biji ini digunakan pada produk rambut berkualitas tinggi.

Plus, vitamin E hadir dalam quinoa menyeimbangkan produksi minyak alami sehingga kulit kepala dan rambut tetap dilembabkan dengan baik dan bebas dari ketombe. Quinoa juga memiliki biotin, niacin, dan vitamin B6 dan B12 yang semuanya penting untuk pertumbuhan rambut.

Quinoa memiliki rasa pedas dan bersahaja dan sangat bagus di masak semur dan kari. Ini juga cocok untuk ditambahkan ke salad atau roti.

6. Kacang merah

Kacang merah merupakan sumber gizi penting bagi perawatan rambut. Seiring dengan protein, kacang merah merupakan sumber zat besi, seng dan biotin kompleks. Protein membantu memperkuat helai rambut dan meningkatkan pertumbuhan rambut . Biotin juga penting untuk kesehatan rambut yang optimal dan kekurangannya dapat menyebabkan rambut rapuh.

Bahkan American Dietetic Association merekomendasikan tiga mangkok atau lebih kacang merah setiap minggu untuk mendapatkan rambut yang lebih kuat, lebih halus dan lebih banyak.

Kacang merah bisa ditambahkan ke salad dan lauk pauk.

Load disqus comments

0 komentar