Jangan Di Buang, Inilah Manfaat Luar Biasa Kulit Pisang Untuk Tubuhmu

gambar : pexel
Manfaat dan khasiat dari buah pisang hampir semua orang mengetahui, namun tahukah Anda bahwa khasiat atau manfaat kulitnya tak kalah penting dari buah itu sendiri. Biasanya kita membuang kulitnya setelah memakan isinya saja, tapi orang-orang di beberapa negara, seperti India menggunakan manfaat nutrisi dari kulit pisang dengan cara memakannya selama beberapa dekade.

Berikut ini adalah manfaat luar biasa yang jarang orang mengetahui yang di dapat menggunakan kulit pisang:


1. Kulit pisang untuk memutihkan gigi

Cara ini cukup gampang Anda hanya tinggal mengosoki gigi anda dengan bagian dalam kulit pisang setiap hari selama dua minggu. Anda segera akan melihat hasil positifnya. Mulai sekarang jangan lah anda membuang lagi kulitnya tapi ambillah manfaatnya dulu.

2. Menghilangkan kutil di kulit

Jika Anda memiliki kulit dikutil masih baru atau lama kerap kali membuat kita jengkel, tapi tenang, masalah ini bisa anda atasi dengan super mudah dan murah dengan menggunakan kulit pisang. Dengan menggunakan metode ini kutil di akan terkikis dan copot dari kulit dan mencegah kutil tumbuh lagi di kemudian hari kalau anda rajin menggunakan setiap hari.
Cara menggunakan pun cukup mudah. Tempelkan potongan kulit pisang di atas kutil dan balut dengan perban. Biarkan selama semalam. Terus lakukan proses ini sampai benjolan kutil benar-benar hilang dari kulit anda.

3. Menghilangkan Jerawat dan bekas jerawat

Tidak di pungkiri Pisang sangat bagus untuk perawatan kulit total. Alasannya adalah antioksidan dan anti penuaan dini. Pisang juga berfungsi menghidrasi dan memberi nutrisi pada kulit dan tampak lebih bersih dan bersinar .
Caranya... Gosokkan kulit pisang pada kulit wajah, terutama di daerah berjerawat dan bermasalah. Biarkan selama 30 menit, kemudian cuci dengan air sampai bersih.

4. Menyembuhkan psoriasis

Sayangnya, penyakit kulit ini tidak bisa disembuhkan secara total dengan kulit pisang, namun mampu mengatasi gejala psoriasis.

5. Kulit pisang sebagai analgetik

Gosokkan kulit pisang pada daerah yang sakit pada kulit anda sampai merata. Efek analgetik dan rasa dingin pisang dapat mengatasi nyeri sangat baik.

6. Kulit pisang dapat menurunkan berat badan

Anda mungkin sudah mengetahui bahwa pisang mengandung potasium. Tapi tahukah Anda bahwa kandungan potasium yang terdapat dalam kulit lebuh tinggi dari buah pisang itu sendiri?

Mineral ini sangat dibutuhkan jika ingin menurunkan berat badan. potasium berfungsi meningkatkan metabolisme, sehingga terjadi pembakaran lebih banyak kalori dalam tubuh dan ini dapat menambah energi yang cukup signifikan. Jika Anda memiliki energi yang cukup, maka Anda bisa lebih aktif.

Bukan hanya itu, kulit pisang juga kaya antioksidan, serat, vitamin B, vitamin A.

Serat malah lebih banyak terdapat pada kulitnya, dibanding pada pisang itu sendiri. Serat membuat Anda kenyang untuk waktu yang lebih lama.

Sekarang Anda mengetahui bahwa kulit pisang memiliki beberapa manfaat penurunan berat badan yang benar-benar hebat. Dan sungguh, itu tidak aneh seperti kedengarannya.

Cara membuat ramuan kulit pisang untuk menurunkan berat badan.
Kulit Pisang dengan Kacang Hitam


-4 kulit pisang hijau 
- 1 sendok teh kunyit 
- Garam- 
2 sendok teh minyak kelapa 
- ½ c kacang polong hitam (jika menggunakan segar, rendam dalam semalam) 
- ½ sendok teh biji sawi 
- 2 sendok makan kelapa parut tanpa pemanis 
- Jus satu jeruk nipis

1. Rebus kulit pisang yang sudah potong kecil-kecil lalu masukkan kunyit dan sedikit garam. Untuk mencegah getah menempel pada kuali Anda, tambahkan beberapa tetes minyak (minyak makan juga boleh) ke dalam air. Didihkan, sampai kulit pisang lunak. Tiriskan, sisakan air untuk digunakan nanti (kami suka menggunakannya untuk memasak nasi atau sebagai dasar sup).

2. Jika menggunakan kacang polong hitam yang masih segar, rebus dulu sampai empuk. Jika menggunakan kacang kaleng, bilas dan tiriskan kacang.

3. Panaskan minyak kelapa dalam wajan atau penggorengan dengan api ( api sedang) Tambahkan biji sawi dan masak sampai mulai keluar busa.

Tambahkan kulit rebus dan kacang polong hitam tadi, aduk, dan masak selama sekitar 5 menit. Angkat dari api dan tambahkan kelapa parut aduk sampai rata. Tambahkan garam secukupnya dan akhiri dengan air jeruk nipis. siap di hidangkan.

Bagus mana Kulit pisang hijau atau kuning untuk kesehatan Anda ?        

Karakteristik pembunuh sel kanker lebih banyak ditemukan pada pisang matang dan dapat membantu tubuh Anda memproduksi sel darah putih.

Tapi jika ingin menurunkan berat badan, kulit hijau lebih baik karena mengandung lebih banyak probiotik. Probiotik membantu kesehatan pencernaan Anda. Selain itu, pada kulit pisang berwarna hijau dapat meningkatkan kadar serotonin dan dopaamin dalam tubuh.

Saya tahu, mengkonsumsi kulit akan terasa sulit atau jijik kalau langsung dimakan tanpa di olah terlebih dahulu. Ini ada beberapa cara untuk membuat jadi lebih enak.

Misalnya membuat smoothie . Buang kedua ujung kulitnya dan masukkan ke dalam blender, tambahkan sedikit santan, kayu manis, es, dan bahan lain yang Anda sukai. Jika Anda menyukai metode ini, gunakan kulit yang kuning karena memiliki rasa lebih enak dan lebih manis.

Pilihan lain untuk pisang sudah masak adalah minuman teh . Untuk menyiapkan teh, potong ujung kulit pisang dan rebus kulitnya dalam wadah selama sekitar 10 menit. Saring dan nikmati teh pisang Anda. Jika Anda menyukai teh yang manis, tambahkan sedikit madu.

Namun, pisang hijau lebih baik dimasak . Anda bisa menggunakan kulit pisang hijau untuk memasak kari, atau bahkan menggunakannya pengganti kentang. Satu-satunya hal yang Anda butuhkan adalah menjadi kreatif. Jangan ragu untuk berkreasi.

Dianjurkan Belilah pisang organik dan bersihkan dulu sebelum digunakan.
Load disqus comments

0 komentar